Select Page

Ada beberapa jalur pengiriman yang digunakan oleh jasa ekspedisi untuk mengirim barang. Selain menggunakan jalur udara, jalur laut pun layak dipertimbangkan untuk pilihan pengiriman. Jasa ekspedisi laut dianggap lebih murah, serta bisa mengirim lebih banyak barang. Lain halnya dengan pengiriman melalui udara yang kerap terkendala masalah keamanan dan pemeriksaan yang lebih ketat.

Bagi Anda yang ingin mengirim barang menggunakan jasa ekspedisi laut, tentunya harus mengetahui barang apa saja yang bisa dikirim melalui jalur ini. Untuk itu, simak ulasan di bawah ini agar Anda tidak salah mengirim barang.

Bahan Kimia

General Chemical Corp. | LinkedIn

Barang berbahan kimia tidak boleh dikirim menggunakan jalur udara. Untuk itu, pengirimannya bisa dilakukan melalui laut. Bahkan, ekspedisi laut memperbolehkan pengiriman barang berupa parfum, cairan kimia, barang berbahaya dan mudah meledak, serta barang elektronik yang berukuran besar. 

Farmasi

Faculty of Pharmacy returns to Masaryk University - Live & Study - Czech  Universities

Barang yang diperbolehkan dikirim melalui jasa ekspedisi laut yang selanjutnya adalah produk farmasi. Produk farmasi yang boleh dikirim, meliputi alat kesehatan, obat-obatan, dan sebagainya. Tentunya dengan catatan, pengiriman harus sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang diberlakukan oleh pihak ekspedisi.

Makanan dan Minuman

Untuk beberapa jenis makanan dan minuman yang dikirim dari luar pulau, biasanya dikirim menggunakan ekspedisi laut. Produk makanan yang dikirim tentu harus yang tahan lama dan tidak cepat busuk, karena pengiriman laut membutuhkan waktu tempuh perjalanan yang lebih lama dibandingkan jenis pengiriman lain. Selain itu, pengiriman juga disesuaikan dengan jadwal keberangkatan kapal. 

Ketika ingin mengirimkan makanan menggunakan ekspedisi, Anda bisa memilih jasa ekspedisi laut dengan armada khusus yang memiliki box dan pendingin makanan, sehingga pengiriman makanan ke berbagai kota bisa terjaga kesegaran dan kebersihannya.

Kebutuhan Rumah Tangga

Anda juga diperbolehkan untuk mengirim kebutuhan rumah tangga. Termasuk barang pecah belah atau perabotan rumah tangga. Namun, perlu diperhatikan untuk menginformasikan bahwa barang yang dikirim adalah barang yang mudah rusak, agar pihak ekspedisi bisa mengemas barang Anda dengan lebih baik dan lebih hati-hati dalam memperlakukan barang tersebut.