Select Page

Dalam dunia pengiriman barang logistik, terdapat berbagai bagian yang memainkan peranan penting guna keberlangsungan proses pengiriman barang itu sendiri. Penyortiran barang adalah salah satu proses penting untuk menambah kelancaran dalam arus pengiriman barang ke alamat tujuan yang sudah terjadwalkan. Lalu, bagaimana cara sortir barang dengan cepat di bagian logistik? 

1. Mengetahui alamat barang

Hal pertama yang bisa dilakukan agar pengiriman barang lebih cepat adalah dengan mengetahui alamat barang yang akan dituju. Umumnya para petugas jasa pengiriman barang akan melihat resi pengiriman yang tertera pada setiap barang yang akan dikirim. Dengan mengetahui alamat, kota tujuan, hingga daerah tujuan, maka barang tersebut siap disortir sesuai dengan daerah tujuan penerima.

2. Menambahkan three letter code

Cara sortir barang berikutnya adalah dengan menambahkan three letter code pada setiap barang yang akan dikirimkan oleh jasa pengiriman barang tersebut. Three letter code adalah Tiga Digit Kota Besar yang menjadi kode dalam penyortiran barang agar bisa dikirim sesuai dengan tujuannya. Berikut contoh three letter code.

  • BDO: Bandung
  • TKG: Bandar Lampung
  • SRG: Semarang
  • BSI: Bekasi
  • SEG: Serang

3. Proses put away

Setelah barang yang akan dikirimkan sudah diberikan kode, tahap selanjutnya adalah proses Put Away atau proses penempatan barang di gudang (warehouse). Di dalam proses sortasi ini, barang akan disortir kembali sesuai dengan tujuan kota masing-masing.

4. Proses picking

Setelah tahap Put Away, para penyedia layanan jasa pengiriman barang maupun logistik akan mengecek berbagai dokumen ataupun surat-surat lainnya yang berhubungan dengan barang yang akan dikirimkan tersebut.

Pengecekan ini dilakukan sebelum barang tersebut keluar dari gudang. Pada proses packing, barang tersebut akan dibungkus dengan bahan-bahan pelindung seperti packing kardus, bubble, hingga kayu yang disesuaikan dengan barang tersebut.

Ketahui 4 Hal Mengenai Pengiriman Barang Lewat Cargo Agar Tidak Salah -  Shipper Blog

5. Tahap finishing

Setelah semua proses telah dilalui, maka proses sortir barang yang terakhir adalah tahap finishing. Pada tahap finishing akan dilakukan beberapa hal seperti pengecekan kelengkapan dokumen untuk pengiriman, cek resi barang, cek manifest, cel surat pengiriman, hingga surat jalan untuk driver.