Select Page

Kargo adalah barang kiriman atau barang-barang yang siap dikirimkan. Kargo juga secara eksplisit didefinisikan sebagai acuan barang-barang yang diangkut untuk kepentingan komersial.

Umumnya kargo dikirim dengan menggunakan metode pengiriman kapal (laut), pesawat (udara), kereta api (darat), dan lain-lain. Maka itu, praktik pengiriman kargo umumnya dilakukan oleh perusahaan- perusahaan yang menawarkan jasa pengiriman atau kurir untuk domestik maupun luar negeri. Lantas, apa saja tipe-tipe kargo di Indonesia?

General Cargo  atau Kargo Umum 

General Cargo adalah umumnya memiliki sifat yang tidak membahayakan, tidak mudah rusak, busuk, ataupun mati. Jenis barang yang termasuk dalam kategori kargo ini tidak memerlukan penanganan khusus.

Hal yang perlu diperhatikan adalah proses pengangkutannya telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Special Cargo 

Special Cargo adalah kargo yang memerlukan penanganan khusus baik dalam penerimaan, penyampaian, atau pengangkutannya. 

Adapun beberapa contoh special cargo,  Live Animal (AVI), Human Remain (HUM), Perishable goods (PER), dan Valuable goods (VAL).

Dangerous Cargo (DG)

Dangerous Cargo adalah jenis kargo yang memiliki tingkat risiko yang tinggi dan berbahaya. Pasalnya, jenis kargo ini dapat berakibat pada terganggunya kesehatan dan keselamatan penerbangan. 

Dangerous Cargo juga terbagi menjadi sembilan kelas di antaranya, Explosive goods (REX), Gasses (RPG), Flammable liquids (RFL), dan Flammable solids (RFS).