Select Page

Packing atau mengemas barang adalah suatu kegiatan wajib bagi jasa cargo ataupun ekspedisi. Hal ini disebabkan, karena berhubungan dengan keamanan barang.

Pengemasan barang berguna agar barang dapat diterima dengan baik dan terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh goresan ataupun benturan. Lantas, apa saja jenis pengemasan barang jasa cargo?

Pengemasan Menggunakan Plastik

Pengemasan barang dengan plastik seringkali digunakan. Hal ini disebabkan, karena plastik mampu menjaga agar tetap kering dan aman dari goresan. 

Pengemasan Menggunakan Bubble Warp

Walaupun terbuat dari plastik, bubble wrap mampu menjaga barang dari benturan. Pasalnya, bubble wrap memiliki banyak gelembung udara yang dapat meredam benturan. 

Umumnya, bubble wrap digunakan untuk jenis barang yang mudah rusak atau pecah, pecah kaca, barang eletronik, dan sebagainya.

Pengemasan Menggunakan Kayu

Peti kayu berfungsi untuk mengemas barang secara ekstra. Pasalnya, pengemasan barang dengan kayu dapat digunakan untuk melindungi lapisan terluar dari barang yang sudah dikemas. 

Peti kayu bisa berupa rangka yang dibuat dari papan. Kemudian, penyusunannya dibuat dengan jarak atau celah atau dapat pula berupa kotak kayu yang tertutup rapat. Umumnya pengemasan dengan kayu ditujukan untuk jenis barang dengan ukuran dan jumlah yang banyak, seperti mesin pertanian.