Select Page

Kontainer atau peti kemas adalah perlengkapan yang sulit untuk dipisahkan dengan kegiatan ekspor dan impor barang. Jenis kontainer akan disesuaikan dengan kebutuhan barang yang akan dikirimkan.

Pasalnya, sebuah kontainer didesain untuk memudahkan perpindahan barang dengan menggunakan berbagai moda transportasi. Moda transportasi ini seperti pesawat, kereta api, truk, hingga kapal laut. Dengan desain yang kokoh, kontainer dapat digunakan untuk menyatukan berbagai muatan.

Keuntungan dari penggunaan kontainer, yaitu bisa memudahkan perpindahan barang tanpa harus membongkar muatannya. Selain itu, kontainer juga bisa digunakan berulang kali. Lantas, apa saja jenis-jenis kontainer?

  1. Dry Storage

Kontainer berjenis dry storage umumnya  sering berguna untuk kalangan industri. Kontainer jenis ini sering disebut sebagai container serbaguna. 

Dry storage juga berguna untuk mengirimkan barang kering dan tersedia dalam ukuran 10 ft, 20 ft, dan 40 ft (high cube).

  1. Flat Rack Container

Kontainer dengan jenis flat rack memiliki sisi yang bisa dilipat untuk membuat rak datar. Dindingnya cukup stabil untuk mengamankan kargo.

Sehingga, kontainer ini cocok untuk pengiriman barang yang besar seperti mein berat, kendaraan berat, dan bahan konstruksi.

  1. Open Top Container

Open top container memiliki atap yang konvertibel. Kontainer jenis ini siap digunakan untuk kargo dengan ukuran yang sangat tinggi.

Open Top Container memiliki cincin yang terpasang untuk rel sisi atas dan bawah.Kontainer jenis ini tersedia dalam ukuran 20 ft dan 40 ft.

  1. Tunnel Container

Tunnel Container memiliki dua pintu yang terletak pada ujung kontainer. Dua pintu ini sangat berguna untuk proses pemuatan yang lebih cepat.

  1. Open Side Storage Container

Open Side Storage Container sangat mirip dengan kontainer pengiriman reguler, General Purpose. Salah satu perbedaannya adalah jenis kontainer ini seluruh sisinya dapat dibuka.

Container Open Side dapat digunakan untuk memberi ruang yang lebih luas dan akses bongkar muatan yang lebih mudah. Kontainer ini tersedia dalam ukuran 20 ft dan 440ft. 

  1. Refrigerated ISO Container (Reefer)

Jenis kontainer selanjutnya adalah refrigerated ISO container. Kontainer ini memiliki alat pendingin yang suhunya bisa diatur hingga suhu paling rendah. 

Secara eksklusif, Reefer digunakan untuk pengiriman barang dengan zat yang mudah membusuk seperti buah dan sayuran. Umumnya kontainer ini terdiri dari ukuran 20ft dan 40ft.

  1. Insulated atau Thermal Container

Insulated berguna untuk mempertahankan temperatur dalam ruangan. Kontainer ini terbuat dari bahan pilihan sehingga dapat memiliki waktu pakai yang panjang tanpa adanya kerusakan oleh paparan kostan di suhu tinggi. 

Insulated adalah kontainer yang paling cocok untuk transportasi jarak jauh. Jenis kontainer ini terbuat dari tabung hampa udara, mirip dengan termos.

  1. Cargo Storage Roll

Cargo Storage Roll Container adalah salah satu kontainer yang dapat dilipat. Khususnya untuk tujuan pengangkutan set atau tumpukan barang.