Select Page

Cargo forwarder merupakan sebuah perusahaan atau perorangan yang membantu expositions pengiriman barang. Expositions yang dapat diberikan ini meliputi penjemputan barang, pengurusan dokumen terkait pengiriman hingga barang diterima pelanggan atau distribusi akhir.

Cargo forwarders umumnya memiliki kontrak dengan satu atau beberapa pengangkut seperti seller shipping dan pelayaran dalam compositions memindahkan barang. 

Ada beberapa layanan yang biasanya diberikan oleh cargo forwarder seperti pada tautan berikut. Untuk dapat memberikan informasi harga terbaik forwarder, perlu mengetahui terlebih dahulu tujuan pengiriman, barang apa yang dikirimkan, dan banyaknya barang yang ingin dikirimkan. 

Dari banyaknya barang yang ingin dikirimkan forwarder dapat menyarankan client untuk memilih menggunakan layanan FCL atau LCL. Berikut adalah penjelasan terkait apa perbedaan antara FCL dan LCL.

FCL (Full Container Load)

FCL (Full Container Load) adalah salah satu jenis pengiriman barang yang mengharuskan pelanggan menggunakan satu kontainer atau lebih dengan penuh dalam melakukan pengiriman barang.

Pada umumnya, ukuran kontainer yang digunakan terbagi menjadi dua, yaitu 20’ft dan 40’ft. Jenis pengiriman ini diperuntukkan bagi pelanggan yang ingin melakukan pengiriman barang dalam skala besar.

Selain skalanya yang besar, ada beberapa alasan mengapa pelanggan harus menggunakan satu kontainer secara penuh. Salah satu alasannya karena barang yang dikirimkan merupakan barang yang dikategorikan mudah terbakar, rusak, atau butuh penanganan khusus.

Barang-barang tersebut diantaranya seperti minyak kelapa, sekam arang, bahan yang membutuhkan pengaturan suhu tertentu seperti frozen food, sayur, buah dan jenis ikan-ikanan serta bahan-bahan sejenis lainnya.

LCL (Less Container Load)

Sementara itu, LCL (Less Container Load) merupakan jasa pengiriman barang yang menggunakan muatan kontainer yang diisi oleh beberapa pesanan barang dari banyak pelanggan. Saat pelanggan hendak mengirimkan barang dalam skala yang lebih sedikit dengan kapal kontainer, mereka menggabungkan pengirimannya dengan pesanan lain. LCL adalah istilah ISO (International Standard Operation) untuk muatan yang berisi barang dari beberapa eksportir atau importir.