Select Page

Supply Chain saat ini bisa terbilang sangat luas, meluas ke setiap sudut dunia. Dengan perluasan ini, ancaman meningkat secara signifikan karena permukaan serangan yang lebih besar. Selain itu, pandemi global membuat kebutuhan untuk melindungi supply chain semakin penting. 

Bagaimana kita mempertahankan ancaman dinamis seperti itu pada supply chain dalam mengonsumsi barang dan jasa? Berikut tips untuk mencapai supply chain yang aman dan terjamin.

Tentukan informasi yang menjadi fondasi kesuksesan perusahaan Anda

Jika hilang, informasi apa yang akan mengganggu kemampuan Anda untuk menghasilkan income?

Setelah Anda menjawab pertanyaan, cadangkan data ini. Pastikan Anda memiliki backup onsite dan offsite dan rencana untuk menyusun kembali sistem Anda jika diperlukan. Pencadangan dan prosedur pemulihan data berfungsi sebagai garis pertahanan pertama yang efektif terhadap kendala dan bencana alam.

Ketahui rantai pasokan internal Anda

Jika Anda membaca ini, kemungkinan Anda memerlukan beberapa bentuk barang atau jasa agar berhasil. Ketahui apa yang penting bagi menejemen supply chain Anda dan cari alternatif yang dapat diterima.

Dari perspektif internet, menanyakan pemasok tentang kebersihan dan praktik dunia maya mereka adalah hal yang bermanfaat. Sedapat mungkin, berbisnis dengan perusahaan yang mampu bertahan dari peristiwa persaingan dunia maya tanpa memengaruhi bisnis Anda.

Untuk bencana alam, temukan pemasok yang dapat diterima di berbagai belahan dunia yang tersebar luas. Anda mungkin mengalami penundaan pengiriman, tetapi Anda akan mempertahankan momentum penting ke depan.

Amankan sistem Anda

Bantuan teknologi akan sangat membantu dalam melindungi informasi Anda dan memastikan ketersediaan jaringan Anda.

Otentikasi multi-faktor, hak istimewa terendah, perangkat lunak antivirus, manajemen patch, dan pertahanan batas tidak sulit untuk diterapkan dan sering kali menghalangi musuh untuk terus-menerus mencoba mendapatkan akses ke sistem Anda. Berbagai standar pemerintah dan industri, seperti SANS dan NIST, dapat digunakan sebagai pedoman.

Pertimbangkan software online pihak ketiga

Tidak ada kekurangan perusahaan yang dapat dengan cepat menilai kecanggihan dunia maya. Sisihkan uang untuk mengatur hal ini setiap tahun. Lebih murah untuk tetap menjaga aset daripada harus mengganti aset yang hilang.

Lakukan pengenalan IoT dengan karyawan Anda

Berikan pemahaman tentang IoT secara online atau lakukan secara langsung kepada karyawan Anda. Carilah perusahaan terkemuka yang memastikan pelatihan informatif dan interaktif, dan menarik perhatian peserta.

Rencanakan yang terburuk

Kembangkan rencana pemulihan bencana yang mengantisipasi berbagai masalah seperti bencana alam, peristiwa politik, dan pandemi global. Aspek terpenting dari rencana pemulihan bencana adalah melaksanakannya setiap tahun. Lakukan latihan meja dengan skenario tertulis dan latih reaksi Anda untuk membantu mengidentifikasi celah apa pun dalam rencana Anda.

Lakukan bagian Anda dan dedikasikan sumber daya yang diperlukan untuk memastikan rantai pasokan Anda seaman dan tersedia sepraktis mungkin. Pada akhirnya, lebih murah untuk mempersiapkan daripada memulihkan.