Select Page

Masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara menghitung volume dan kubikasi barang. Di sinilah keluhan tentang berat kiriman oleh pelanggan sering muncul. Biasanya, keluhan muncul karena bobot kalkulasi pelanggan berbeda dengan perusahaan kurir, dan perbedaannya sangat besar. Kenapa ini terjadi?

Secara umum, pelanggan menimbang perhitungan dengan besaran “kilogram”, ini berlaku untuk semua pengiriman melalui darat, laut, atau udara. Berbeda dengan perusahaan kurir, jika barang yang dikirim berukuran besar tapi ringan, maka akan dihitung dengan volume.

RUMUS UNTUK MENGHITUNG KUBIKASI BARANG BESERTA VOLUMENYA 

Via Jalur Darat atau Jalur Laut

Bagi Anda yang ingin mengirimkan barang melalui jalur darat dan laut, rumus di bawah ini digunakan untuk menghitung jumlah barang yang biasanya disediakan oleh jasa pengiriman:

Via Jalur Udara

Sedangkan bagi Anda yang ingin mengirimkan barang melalui udara, berikut rumus menghitung volume barangnya:

Cara Menghitung Kubikasi

Biasanya penghitungan volume untuk pengiriman volume tinggi dan Anda ingin mendapatkan harga yang lebih rendah melalui perjalanan laut. Namun, biasanya ada dua metode pengiriman barang murah, yaitu perhitungan per ton atau per kubik. Kalau dihitung per tonnya bisa langsung ditimbang.

Namun, jika Anda menggunakan penghitungan kubik, rumusnya adalah sebagai berikut:

Volume = panjang (lebar) x lebar (lebar) x tinggi (tinggi) / 1.000.000