Select Page

Dalam kegiatannya, Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang mempunyai istilah atau singkatan yang sering disebut dengan Less Container Load ( LCL ) dan Full Container Load ( FCL ). 

Less Container Load merupakan istilah pengiriman barang dalam kontainer yang penuh dan terdiri dari beberapa pengirim barang yang tergabung dalam satu kontainer. Sehingga, dalam satu kontainer akan terdiri dari barang campuran yang dimiliki oleh orang-orang yang berbeda. Jumlah untuk menghitung pengiriman LCL adalah menggunakan kubikasi atau meter kubik.

LCL memiliki 3 ukuran container antara lain, Dry Container dengan ukuran 20 feet dan memiliki kapasitas volume +/- 30cbm, ukuran kedua sebesar 40 feet dengan kapasitas volume +/- 60cbm, dan terakhir High Cube dengan besar yang sama seperti ukuran kedua yaitu 40 feet namun dengan penambahan kapasitas volume menjadi +/- 70cbm, ini adalah kisaran volume yang diambil. untuk barang seperti furniture yang memiliki bentuk tidak beraturan.

Sementara Full Container Load adalah pengiriman barang dengan menggunakan satu kontainer penuh yang hanya dimiliki satu pengirim. Semua barang di dalam wadah itu milik satu orang sehingga tidak tercampur dengan barang milik orang lain. Pengiriman FCL setara dengan – / + 20 MT (Metrix Ton) menggunakan kontainer 40 feet hanya 10 MT (Metrix Ton) bila menggunakan kontainer 20 feet.


Untuk menghitung Kubikasi dan Berat secara cepat dan mudah, PT Sarana Trans Sukses dapat membantu Anda dengan menggunakan kalkulator kami di link ini yang bisa Anda akses kapanpun dan dimanapun secara gratis!